Alat Peraga Menyelesaikan Masalah Program Linear

 


Nama Media               : Rumah Prolin

Materi/ Sub Pokok      : Program Linear

A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.2  Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannyadengan menggunakan masalah kontekstual.

3.2.1 Menjelaskan strategi/tahapan Membuat model matematika  program linear dua variabel dari masalah kontekstual

3.2.2  Menjelaskan strategi/tahapan penentuan nilai optimum dari masalah  program linear dengan metode uji titik pojok  

3.2.3  Menjelaskan strategi/tahapan penentuan nilai optimum dari masalah  program linear dengan garis selidik.

 

4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program liner dua variabel.

 

4.2.1        Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata darri program linear

B. Alat dan Bahan:

1. Kertas karton

2. Kertas Origami (4 warna)

3. Gunting

4. Spidol

5. Lem

C. Langkah-langkah pembuatan:

1.      Potong-potong kertas origami berbentuk rumah dan persegi.

2.   Buat 50 bentuk rumah origami yang terdiri dari 2 macam warna (25 warna merah dan 25 warna kuning) dan potongan kertas origami berbentuk persegi (40 warna hijau dan 30 warna biru)

3.   Potongan kertas origami berbentuk rumah dan persegi ditempel di atas karton dengan dibedakan warnanya.

4.   Potongan rumah origami disusun berdasarkan warna secara bersebrangan dengan asumsi tipe 36 (merah) dan tipe 45 (kuning) secara bersebrangan.

5.      Bahan A dan bahan B diletakkan di atas karton berdasarkan kebutuhan masing-masing tipe rumah.

6.      Menghitung berapa unit tipe 36 dan 45 yang dapat dibangun berdasarkan ketersediaan bahan A dan bahan B yang dimiliki perusahaan.


D. Gambar Alat Peraga



                     (Creative Picture By: Nurma Yunita, S.Pd)

 

 

LihatTutupKomentar