Sejarah Vektor


 


SEJARAH VEKTOR

 

Belajar Matematika tak lepas dari Rumus dan angka-angka yang tersebar di dalamnya, Rumus dasar yang sering dipelajari telah lahir dari zaman dahulu. Siapa yang telah menemukan Rumus-rumus dalam pelajaran Matematika banyak diantaranya tidak diketahui. untuk itu akan diulas penemu Rumus-rumus tersebut.

1. Vektor

Josiah Willard Gibbs

Josiah Willard Gibbs (11 Februari 1839 – 28 April 1903) ialah fisikawan matematika Amerika Serikat yang menyumbang banyak pada pendirian teoretis termodinamika kimia. Sebagai matematikawan dan fisikawan, ia adalah penemu analisis vektor 

Pada tahun 1863, Yale University memeberikan Gibbs gelar doktor America pertama pada rekayasa. Setelah tinggal tiga tahun di Eropa, Gibbs menghabiskan sisa karirnya di Yale, di mana ia adalah guru besar matematika fisika dari 1871 sampai kematiannya. Bekerja dalam isolasi relatif, ia menjadi ilmuwan teoritis awal di Amerika Serikat untuk mendapatkan reputasi internasional dan dipuji oleh Albert Einstein sebagai "pikiran terbesar dalam sejarah Amerika".

Pada tahun 1901 Gibbs menerima apa yang kemudian dianggap sebagai kehormatan tertinggi diberikan oleh komunitas ilmiah internasional, Copley Medal dari Royal Society of London, "atas kontribusi untuk matematika fisika".

Meskipun karyanya hampir seluruhnya teoritis, nilai praktis dari kontribusi Gibbs ini menjadi jelas dengan pengembangan kimia industri pada paruh pertama abad ke-20.

Dilahirkan dan meninggal di New Haven, Connecticut, wisudawan Universitas Yale, dan belajar di Paris, Berlin, dan Heidelberg. Ia ditawari jabatan guru besar dalam fisika matematika di University of Yale, penunjukan pertama di AS, dalam sebuah posisi tanpa gaji selama 10 tahun.

Dalam matematika, ia menyumbangkan gagasan analisis vektor. Pada 1880, ia mengembangkan perlambangan dan aljabar vektor-vektor. Pada 1901, perlakuan penuh gagasannya disajikan salah satu mahasiswanya EB. Wilson, dalam sebuah buku yang berjudul Vector Analysis.

Sebagai matematikawan dan fisikawan, ia adalah penemu analisis vektor. ia adalah orang pertama di Amerika Serikat yang menerima PhD dalam teknik mesin (Yale). ia adalah salah satu fisikawan teoretis di Amerika dan barangkali salah satu kimiawan teoretis awal. Gelar Gibbs Professorship of Physics and Chemistry dinamai menurut namanya.

 



LihatTutupKomentar