Alat Peraga Menyelesaikan Masalah Program Linear
Nama Media : Rumah Prolin
Materi/ Sub Pokok : Program Linear
A. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.2 Menjelaskan
program linear dua variabel dan metode penyelesaiannyadengan menggunakan
masalah kontekstual. |
3.2.1 Menjelaskan
strategi/tahapan Membuat model matematika program linear dua variabel
dari masalah kontekstual 3.2.2 Menjelaskan strategi/tahapan penentuan nilai optimum dari masalah
program linear dengan metode uji titik pojok 3.2.3 Menjelaskan strategi/tahapan penentuan nilai optimum dari masalah
program linear dengan garis selidik. |
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan program liner dua variabel. |
4.2.1
Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata darri program linear |
B. Alat dan Bahan:
1. Kertas karton
2. Kertas
Origami (4 warna)
3. Gunting
4. Spidol
5. Lem
C. Langkah-langkah pembuatan:
1.
Potong-potong
kertas origami berbentuk rumah dan persegi.
2. Buat
50 bentuk rumah origami yang terdiri dari 2 macam warna (25 warna merah dan 25
warna kuning) dan potongan kertas origami berbentuk persegi (40 warna hijau dan
30 warna biru)
3. Potongan
kertas origami berbentuk rumah dan persegi ditempel di atas karton dengan
dibedakan warnanya.
4. Potongan
rumah origami disusun berdasarkan warna secara bersebrangan dengan asumsi tipe
36 (merah) dan tipe 45 (kuning) secara bersebrangan.
5.
Bahan
A dan bahan B diletakkan di atas karton berdasarkan kebutuhan masing-masing
tipe rumah.
6.
Menghitung
berapa unit tipe 36 dan 45 yang dapat dibangun berdasarkan ketersediaan bahan A
dan bahan B yang dimiliki perusahaan.
D. Gambar Alat Peraga
(Creative Picture By: Nurma Yunita, S.Pd)