(DOC) Modul Matematika SMA Kelas XII, Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
PENDAHULUAN
A. Identitas Modul
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas : XII
Judul Modul : Peluang Kejadian Majemuk
B. Kompetensi Dasar
3.4 3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang
kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan
kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak.
4.4 4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
C. Petunjuk Penggunaan Modul
Modul ini dirancang
untuk memfasilitasi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara
mandiri. Untuk menguasai materi ini dengan baik, ikutilah petunjuk penggunaan
modul berikut:
1. Berdo’alah sebelum mempelajari modul ini
2. Pelajari uraian materi yang disediakan pada setiap
kegiatan pembelajaran secara berurutan.
3. Perhatikan contoh-contoh penyelesaian permasalahan
yang disediakan.
4. Kerjakan latihan soal yang disediakan, kemudian
cocokan hasil pekerjaan peserta didik dengan kunci jawaban pada bagian akhir
modul
5. Setelah mengerjakan latihan soal, lakukan penilaian
diri sebagai bentuk refleksi dari penguasaan peserta didik terhadap materi pada
kegiatan pembelajaran
6. Di bagian akhir disediakan soal evaluasi, silahkan
mengerjakan soal evaluasi tersebut agar peserta didik dapat mengukur
penguasaan terhadap materi pada modul
ini.
D. Materi Pembelajaran
Modul ini berisi kegiatan
pembelajaran yang didalamnya terdapat uraian materi, contoh soal , soal
latihan, dan soal evaluasi tentang “Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian”
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERCOBAAN, RUANG SAMPEL DAN KEJADIAN
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat mengetahu Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
B. Uraian Materi
1. Percobaan,
Ruang Sampel dan Kejadian
Istilah dalam peluang:
Ø Percobaan adalah suatu kegiatan yang memperoleh hasil atau kegiatan yang menimbulkan suatu kejadian.
Percobaan (dalam studi peluang) didefinisikan sebagai suatu proses dengan hasil dari suatu kejadian bergantung pada kesempatan. Ketika percobaan diulangi, hasil-hasil yang diperoleh tidak selalu sama walaupun dilakukan dengan kondisi yang tepat sama dan secara hati-hati. Percobaan seperti ini disebut Percobaan Acak.
Ø Ruang Sampel adalah hasil semua kejadian yang mungkin terjadi dari hasil percobaan. Atau merupakan himpunan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan. Ruang Sampel dinotasikan dengan S. Banyaknya elemen ruang sampel dinyatakan dengan n(S).
Ø Kejadian/ peristiwa yaitu himpunan bagian dari suatu sampel. Biasanya dinotasikan dengan huruf kapital seperti A, B, C, … . Banyaknya elemen kejadian A dinyatakan dengan n(A), banyaknya elemen kejadian B dinyatakan dengan n(B), dan sebagainya.
Ø Titik Sampel adalah anggota dari ruang sampel.
Contoh
1. Ketika Ananda melakukan percobaan melambungkan sebuah
koin, (coba deh ambil koinnya kemudian perhatikan kedua sisi koin tersebut,
Ananda akan melihat bagian sisi bertuliskan nominal uangnya berapa, dan sisi
lain bagian yang bergambar, bisa gambar melati, atau gambar apapun kan...) nah
jadi hasil-hasil yang mungkin ketika Ananda melemabungkan satu koin tersebut
adalah muncul bagian gambar (G) atau muncul bagian angka (A).
Jadi, ruang sampel dari percobaan tersebut adalah S = {G, A} dan jumlah
anggotanya ruang sampel ada dua yaitu G dan A.
C. LEMBAR KERJA SISWA
Kerjakan Latihan Soal di bawah ini dengan
tepat!
1.
Pada percobaan
pelemparan tiga koin sekaligus. Tentukan :
a. ruang sampel dan banyaknya elemen ruang sampel
b. kejadian A yaitu muncul paling sedikit dua angka.
Selengkapnya, download di sini.......